
Insiden Nenek Ditolak Bayar dengan Uang Tunai, Roti O Beri Klarifikasi
Insiden seorang nenek yang ditolak membayar roti menggunakan uang tunai membuat heboh media sosial. Peristiwa ini terjadi di gerai Roti O yang berada di kawasan Halte TransJakarta Monas, Jakarta Pusat. Videonya diunggah melalui akun TikTok @arlius_zebua pada Jumat (19/12/2025) dan hingga Senin (22/12/2025), video tersebut telah disaksikan sebanyak 2,3 juta kali serta mendapatkan 9.395 komentar.
Dalam video tersebut, Arlius mengungkapkan bahwa peristiwa terjadi di gerai toko roti di kawasan halte busway Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Ia menyampaikan keluhan kepada pihak toko karena menolak pembayaran uang tunai. "Uang cash itu harus kalian terima, masak harus pakai QRIS? Nenek-nenek itu kan enggak ada QRIS-nya, gimana?" tanyanya.
Arlius juga menegaskan bahwa penolakan pembayaran tunai oleh pihak toko dinilainya lucu. Menurutnya, tidak semua orang, terutama lansia, memiliki kemampuan untuk menggunakan QRIS. "Lucu, (kok) harus QRIS. Nenek yang seperti ini enggak ada QRIS-nya gimana? Ini perlu diperhatikan," katanya.
Si nenek dalam video tersebut mengaku bahwa saat membeli roti, pihak toko menolak pembayaran uang tunai, meskipun ia tidak memiliki QRIS. "Ini nenek mau beli roti, enggak boleh pakai uang cash," ujar Arlius.
Ia juga menulis surat terbuka kepada pihak toko roti melalui caption di TikToknya. Dalam surat tersebut, Arlius menyampaikan keberatan atas kebijakan toko yang hanya menerima pembayaran via QRIS. "Saya secara pribadi menyampaikan keberatan dan merasa dirugikan atas pemberlakuan SOP transaksi pembelian roti yang tidak menerima uang tunai (cash) dan harus menggunakan QRIS."
Selain itu, Arlius juga memberikan peringatan bahwa jika kebijakan tersebut tidak ditanggapi, ia akan berpikir ulang untuk membeli roti di toko tersebut. Ia juga mengatakan akan menempuh jalur hukum jika pegawai toko mendapat surat peringatan atau dipecat karena komplainnya.
Klarifikasi dari Manajemen Roti O
Manajemen Roti O memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @rotio.indonesia pada Minggu (21/12/2025). Dalam pesannya, mereka menyampaikan permintaan maaf atas kejadian yang beredar dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Penggunaan aplikasi dan transaksi non tunai di outlet mereka bertujuan untuk memberikan kemudahan serta promo bagi pelanggan setia.
Mereka juga menyatakan sedang melakukan evaluasi internal agar ke depannya tim dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. Terima kasih atas masukan dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka.
Postingan tersebut mendapatkan 12.546 like dari pengguna Instagram.
Penjelasan Bank Indonesia
Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa penggunaan mata uang tunai sebagai alat transaksi pembayaran masih sangat penting di Indonesia. Kepala Departemen Komunikasi BI, Ramdan Denny Prakoso, menyampaikan bahwa BI memang mendorong masyarakat membayar secara non tunai karena faktor kecepatan, keamanan, kemudahan, dan kehandalan.
Namun, ia juga menegaskan bahwa keragaman demografi dan tantangan geografis serta teknologi Indonesia membuat uang tunai masih sangat diperlukan dalam transaksi di berbagai wilayah.
Dalam keterangannya, Denny juga menyebutkan ketentuan mengenai larangan penolakan yang tertuang dalam Pasal 33 ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pasal ini menyatakan bahwa setiap orang dilarang menolak menerima rupiah yang penyerahannya dimaksudkan sebagai pembayaran atau untuk menyelesaikan kewajiban yang harus dipenuhi dengan rupiah.
Larangan ini tidak berlaku jika terdapat pihak terkait merasa ragu dengan keaslian rupiah yang digunakan.
Penggunaan QRIS di Luar Negeri
Cara menggunakan QRIS di luar negeri cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:
- Unduh aplikasi perbankan atau jasa keuangan
- Selanjutnya, buka aplikasi pembayaran dan klik menu 'Scan QRIS'
- Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal, misal 10 baht.
- Lakukan konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah (otomatis sudah terkonversi, misal dari 10 bath akan otomatis menjadi Rp 4.500)
- Masukkan PIN, Anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan
- Pembayaran dengan QRIS antar negara selesai dilakukan
- Setelah pembayaran berhasil, QRIS lintas negara akan menunjukkan notifikasi transaksi telah berhasil
Penggunaan QRIS memudahkan wisatawan asing di Indonesia bisa bertransaksi dengan mudah, hanya dengan memindai QRIS. Begitu juga dengan wisatawan Indonesia ketika berlibur ke luar negeri.